Popular posts

Umi Ayu Saputri On Kamis, 01 Agustus 2013


PLN mati??

haduh pasti langsung dech update status di facebook  atau twitter. begini ni update-nya, "mati lampu nih, nggak bisa nnton tipi" atau, "haduhh lagi makan malah mati lampu", atau, haduh, pas seru2nya ni sinetron kok malah mati sich PLN-nya??", atau, PLN, kapan sich nggak mati??". nah masih banyak lagi update-nya temen2 di jejaring sosial masalah PLN mati. kenapa ya kok PLN sering mati, dan yang mengeluh itu kebanyakan yang berada jauh dari kota, dari kota aja jauh apalagi dari pusat PLN,, terlalu jauh kan ya???

nah daripada kita maki-maki petugas PLN yang nggak tau apa2 tentang hal itu mending kita
nulis kayak gua ini,, hihihii :D

gua dulu pernah kenal sama orang yang kerjanya di PLN, nah dari situ gua tanya, kenapa kok di tempat gua, di Rimbo Bujang, Jambi sana sering mati,, trus ya udah dia jelasin ke gua panjang lebar, katanya krena jangkauan tempatnya terlalu jauh, penyebarannya nggak bisa sempurna, kan kalau listrik itu butuh tenaga air, nah bio solar (atau apa gitu, lupa gua) itu juga nggak banyak jadi sering mati lampu,, dan pemadamannya itu seperti dijatah.

ini nih gua mau kasih beberapa penyebab kenapa sering terjadi pemadaman listrik, setelah gua baca beberapa artikel,
pertama, karena PLN konsisten
Sering terjadinya pemadaman listrik dari PLN menunjukkan bahwa PLN adalah salah satu lembaga negara (atau apapun sebutannya) yang konsisten, tidak tergantung dari musim dan waktu. Musim kemarau, pemadaman dilakukan karena kekurangan debit air yang menggerakkan generator, dan musim hujan pemadaman dilakukan karena banyak kabel yang putus ditimpa pohon atau sekering yang terkena petir.
kedua, karena menjaga bumi
Banyak sekali lembaga pecinta lingkungan hidup yang mewaspadai adanya ancaman global warming dengan melakukan pemadaman listrik secara serempak selama satu jam. PLN sudah melakukannya dari dulu, bahkan berjam-jam atau berhari-hari. Ini menunjukkan bahwa PLN peduli dengan lingkungan hidup dari dulu.
ketiga, Latihan Pengendalian Masa
Negara maju seperti Amerika pernah heboh karena black out atau lampu mati secara total. Mereka tidak terbiasa karena biasanya ketika lampu mati ada pemberitahuan atau ada cadangan energi. Jadi ketika terjadi lampu mati secara total, mereka panik dan dikira ada ancaman teroris. Di Indonesia, lampu mati sudah biasa sehingga tidak panik. :D
keempat, Peduli Industri Lain
Dengan seringnya lampu mati, maka rakyat terbiasa menyiapkan cadangan sendiri, misalnya lilin. Ini akan menggairahkan produsen lilin dan juga energi alternatif yang lain.

kelima, karena gangguan
Listrik Padam itu bukan kehendaknya dari PLN, tetapi karena gangguan-gangguan yang mengakibatkan gagalnya energy listrik tersalurkan hingga ke rumah-rumah. gangguan bisa gangguan internal ataupun eksternal. 
Suplai Listrik PLN terhenti atau listrik padam merupakan tidak sepenuhnya kesalahan dari PLN, melainkan tergantung juga dari sistem instalasi rumah/gedung/bangunan, untuk itu dimohon kepada masyarakat agar memahami batasan tanggung jawab antara PLN dan Pelanggan/Pemilik Bangunan



nah, mungkin cuma itu yang bisa aku kasih ke kalian,, itu menurut gua ada benernya. jadi buat yang sering maki2 petugas PLN, cuma nambahin dosa mending kita berpositif thinking dan berbuat kebaikan di mana pun kita berada,, hehe


semoga bermanfaat buat teman-teman yang telah membaca, :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments